8 Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Anda Penuhi

Hamil merupakan salah satu momen yang paling dinanti-nantinya bagi pasangan suami istri untuk menyempurnakan sebuah keluarga yang bahagia. 8 Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Anda Penuhi - Jadi, jangan heran bila ada seorang istri yang akan merasa sangat senang sekali bahkan hingga berteriak histeris pada saat mengetahui drinya lagi mengandung seorang bayi yang ia harap-harapkan. 


Kehamilan pasti berdampak pada kesehatan fisik dan mental calon ibu. Untuk itu dibutuhkan asupan makanan yang memadai bukan hanya untuk kesehatan ibu tapi juga memelihara tumbuh kembang si jabang bayi.

Berikut ini 8 Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Anda Penuhi :

1. Sayuran Hijau
Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam dan kangkung adalah sumber zat besi, serat, folat dan vitamin C. Kehamilan membuat ibu hamil kurang zat besi. Asupan sayur bayam akan membantu ibu mengatasi kekurangan zat besi.
Di sisi lain, serat membantu ibu mencegah sembelit sementara vitamin C membantu penyerapan zat besi untuk ibu hamil. Sedangkan  folat diperlukan untuk tumbuh kembang bayi di dalam rahim.

2. Nasi Merah
Nasi merah kaya akan serat, zat besi dan vitamin B. Di samping itu nasi merah juga rendah indeks glikemik dan membantu ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Kelompok vitamin B diperlukan untuk kesehatan sistem saraf dan produksi sel-sel darah merah. Saat hamil, volume darah meningkat 40-40 persen.

3. Stroberi
Buah beri yang satu ini sering dijuluki makanan super karena mengandung antioksidan, folat, serat dan vitamin C. Antioksidan yang dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan bermanfaat membantu melindungi bayi dari risiko diabetes tipe 2 atau obesitas.
Ada juga kaitan antara antioksidan dan penurunan risiko preeklamsia, tekanan darah tinggi serius yang terjadi saat hamil. Memang masih dibutuhkan banyak studi untuk mendukung penelitian ini. Tetapi tak ada salahnya bagi ibu hamil untuk makan buah stroberi yang enak dan segar itu

Lihat juga artikel kesehatan lainnya : 
Jelly Gamat QnC obat herbal muktikhasiat mengobati berbagai penyakit
Suplemen Penambah Berat BadanVitamin Untuk Kesehatan MataPengobatan Kanker PayudaraBahaya Terlalu Sering Berhubungan IntimCara Merasang Wanita
4. Minyak Ikan
Penting bagi ibu untuk memastikan mendapat asupan dua porsi ikan yang kaya akan asam lemak omega tiga. Asam lemak ini diperlukan untuk perkembangan mata dan sistem saraf bayi. Sumber asam lemak omega tiga ada pada ikan salmon. Kalau mahal, pilihlah ikan kembung.
Namun British Nutrition Foundation mengingatkan wanita hamil sebaiknya tidak berlebihan makan ikan karena dikhawatirkan mengandung polutan yang berbahaya buat bayi.

5. Pisang
Buah ini mengandung potassium yang diperlukan untuk mengatasi penahanan cairan yang bikin kaki jadi bengkak dan kram saat hamil. Pisang juga mengandung serat dan gula yang dirilis perlahan sehingga membuat ibu kenyang lebih lama. Seratnya bagus untuk mencegah sembelit. Jadikan pisang sebagai camilan menyehatkan buat ibu hamil.

6. Daging Merah
Daging merah tanpa lemak merupakan sumber zat besi yang diperlukan saat kehamilan agar ibu tidak terkena anemia. Daging juga merupakan sumber protein.
Hindari mengonsumsi hati saat hamil karna mengandung retinol yang tinggi. Retinol adalah bentuk vitamin A yang bisa berbahaya untuk calon bayi.

7. Kiwi
Kiwi adalah buah dengan kandungan vitamin C lebih tinggi dari buah jeruk. Buah kiwi juga kaya akan antioksidan dan folat. Keduanya diperlukan untuk perkembangan bayi.

8. Ubi
Umbi yang satu ini enak disantap hanya dengan dibakar atau direbus. Ubi kaya akan antioksidan, vitamin B, C dan serat. Selain itu, ubi juga sumber karbohidrat yang sehat sehingga ibu jadi kenyang lebih lama. Kandungan seratnya diperlukan untuk mencegah sembelit.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Anda Penuhi"

Posting Komentar