Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Nanas? Ini Penjelasannya!

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Nanas? Ini Penjelasannya!,- Buah nanas atau un nanas cosmosus adalah buah yang berasal dari Brazil, buah yang mempunyai rasa asam manis ini ternyata juga kaya akan vitamin dan juga nutrisi, sama halnya dengan buah lain, seperti vitamin A dan C, zat besi, bromelain, kalsium, dan masih ada banyak lagi yang lainnya. Tetapi, seperti yang Anda tahu bahwa pada kehamilan tidak akan pernah luput dari berbagai macam mitos yang berkembang di masyarakat, seperti tentang nanas bagi ibu hamil yang menyatakan bahwasannya jika ibu hamil mengkonsumsi nanas, maka akan berakibat buruk bagi janin yang dikandungnya, seperti dengan masalah keguguran.

Kemarin sudah saya jelaskan secara rinci apa itu Pantangan Ibu Hamil Yang Harus Di Hindari, saya rasa jika kalian sudah membacanya pasti sudah tahu apa saja yang harus di hindari, disana sudah saya jelaskan semuanya, namun kali ini saya akan kupas tuntas satu satu, termasuk yang sudah saya jelaskan pada kesempatan yang lalu yaitu Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian.

Hati-Hati Kanker Payudara bisa menyerang wanita yang sudah menjalankan kehamilan, baca Penyebab Kanker Payudara Pada Wanita Muda

Bahkan tidak hanya itu saja, seorang wanita hamil yang telah mengidam-idamkan untuk makan makanan tertentu akan dilarang keras untuk mengkonsumsi nanas, sebab dikhawatirkan mengganggu perkembangan janinnya. Namun, untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami jelaskan mengapa mengkonsumsi nanas untuk ibu hamil dilarang.

Penjelasan mengapa konsumsi nanas untuk ibu hamil dilarang

  1. Terjadi kontraksi sebelum waktunya
    Pada umumnya wanita hamil yang sedang memasuki masa kehamilan di trimester pertama ini akan sangat rentan sekali terhadap masalah kehamilan, khususnya bagi seorang wanita dengan rahim yang cukup lemah. Oleh sebab itulah, ada baiknya Anda menghindari buah yang satu ini, walaupun Anda sedang mengidam-idamkannya. Hal tersebut karena di dalam buah nanas ada kandungan bromelain yang bisa melemahkan leher rahim atau pun serviks. Sehingga apabila Anda mengkonsumsi buah nanas secara berlebihan, dikhawatirkan bisa mengganggu kehamilan Anda. Anda bisa mengkonsumsi buah nanas setelah Anda melewati trimester pertama. Akan tetapi walaupun demikian perlu Anda ingat bahwa ibu hamil mengkonsumsi nanas tidak boleh yang berlebihan serta pastikan untuk memilih buah nanas yang sudah masak.
  2. Bisa sebabkan keguguran
    Ibu hamil mengkonsumsi nanas secaara berlebihan bisa menyebabkan keguguran, benarkan hal tersebut? Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasannya buah nanas ini memiliki kandungan bromelain di dalamnya yang bisa sebabkan hal tersebut terjadi. Hindarilah mengkonsumsi buah nanas yang masih dalam keadaan muda dengan kulit yang berwarna hijau, agar Anda bisa terhindar dari berbagai masalah kesehatan selama masa kehamilan, tidak ada salahnya juga untuk menghindari mengkonsumsi buah nanas. Anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi buah yang baik untuk ibu hamil, seperti halnya dengan buah pisang, apel, mangga, dan lain sebagainya.
  3. Masalah kesehatan pada kehamilan
    Ibu hamil mengkonsumsi nanas secara berlebih ini ternyata juga bisa sebabkan masalah kesehatan pada kehamilannya lho. Rasa asam yang ada di dalam buah nanas tersebut bisa sebabkan masalah di lambung. Bagi seorang wanita hamil yang mempunyai riwayat penyakit maag, buah nanas ini bisa menyebabkan asam lambungnya naik. Walaupun buah yang satu ini juga bisa dikonsumsi bagi ibu hamil, akan tetapi seorang wanita hamil yang sedang menderita penyakit gastritis ada baiknya tidak mengkonsumsinya selama masa kehamilan. Sebab selain bisa menjadikan kesehatan Anda terganggu, kandungan yang ada di dalam buah tersebut juga bisa mengganggu kesehatan serta tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda.

Namun, untuk lebih jelasnya, Anda dapat berkonsultasi pada dokter kandungan atau bidan. Tanyakan juga apa saja makan makanan yang baik untuk ibu hamil. Hal ini pastinya akan sangat berguna untuk menunjang kesehatan Anda dan janin, mengingat kondisi kesehatan setiap wanita hamil berbeda. Demikianlah sekilas informasi tentang ibu hamil mengkonsumsi nanas, semoga bisa bermanfaat bagi Anda semuanya.

Artikel Kesehatan lainnya :

Pengobatan Kanker Payudara Secara Alami
Biaya Operasi Kanker Payudara Terbaru Saat Ini

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Nanas? Ini Penjelasannya!"

  1. jadi begitu sebabnya, mulai sekarang aku akan melarang istriku dan memperlihatkan artikel ini terima kasih atas pencerahanya

    BalasHapus