8 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi

8 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi - Khasiat buah bit bagi manusia sangatlah besar sekali, tidak cukup bagi kesehatan saja namun buah satu ini juga memiliki khasiat besar untuk ibu hamil dan tumbuh kembang bayi.

Buah bit tergolong kedalam buah-buahan yang mahal, sejenis buah tin. Meskipun mahal, Anda tidak boleh meremehkan khasiat buah bit untuk kesehatan manusia. Buah bit mengandung beragam nutrisi yang cukup berkhasiat untuk kesehatan tubuh, baik itu kesehatan tubuh manusia normal, sedang hamil, menyusui, ataupun masih bayi.



Sekilas melihat buah bit, pasti Anda akan mengira ini adalah ubi jalar. Sebab bentuknya memang hampir mirip, akan tetapi buah bit memiliki warna yang lebih kemerah-merahan (mirip darah). Selain berbeda warna, buah ini juga memiliki perbedaan khasiat dari ibu jalar. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit mengenai manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh, ibu hamil, dan bayi. Penasaran? Langsung saja simak sajian informasi berikut.
  • Meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil >> Sistem imunitas ibu hamil haruslah dijaga sebaik muncul, sebab tanpa imunitas yang baik kekebalan tubuh ibu hamil terhadap serangan penyakit akan mengalami gangguan. Buah bit mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi, kandungan senyawa itulah yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh ibu hamil dan mencegahnya terserang penyakit.
  • Mampu menurunkan berat badan >> Ketika hamil bukan, pasti berat badan seorang ibu akan naik cukup dratis. Naiknya berat badan ini cukup wajar, sebab dalam tubuh ibu ada tambahan mahluk hidup (janin). Biasanya setelah melahirkan berat badan ibu akan pulih kembali.Namun Anda bisa melakukan program diet sehat penurunan berat badan saat hamil. Caranya dengan konsumsi jus buah bit setelah selesai melakukan jalan sehat.  Buah ini mengandung serat tinggi dan kalori yang rendah, sehingga akan sangat baik untuk menurunkan berfat badan Anda tanpa menganggu pertumbuhan janin dalam kandungan.
  • Mencegah penyakit diabetes gestasional >> Diabetes pada umumnya dapat dibagi menjadi 3 macam, yakni diabetes melitus tipe 1, diabetes melitus tipe 2, dan diabetes melitus gestasional. Jenis diabetes gestasional inilah yang sangat ditakuti oleh para ibu hamil. Apabila Anda hamil, harap waspada dengan diabetes jenis tersebut. sebab diabetes gestasional akan membuat si kecil nantinya lahir cacat atau prematur. Akan tetapi untuk mencegahnya Anda dapat konsumsi buah bit secara rutin. Menurut para ahli, buah bit mengandung kadar glikemik indeks yang cukup rendah. Kandungan GI rendah ini dipercaya tidak akan membuat kadar gula dalam darah Anda naik, malahan kandungan serat terlarutnya baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah.
  • Mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi >> Khasiat buah bit bagi bayi yang pertama adalah mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi. Khasiat ini dapat muncul disebabkan karena adanya kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi dalam buah bit. Kandungan kalsium dan fosfor tersebut tidak hanya mampu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi saja, tetapi juga baik untuk menguatkan tulang si kecil. Sehingga si kecil nantinya akan lebih cepat merangkak dan berjalan.
  • Mencegah anemia pada bayi >> Anemia tidak hanya diderita oleh orang dewasa saja, namun penyakit kekurangan darah tersebut juga dapat diderita oleh bayi atau balita. Efek anemia pada bayi sangatlah buruk, sebab dari 10 bayi yang terkena anemia 7 diantaranya meninggal dunia. Untuk mencegahnya Anda dapat memberikan si kecil jus buah bit. Kandungan zat besi dan mineral alami dalam buah satu ini dipercaya mampu meningkatkan jumlah HB (hemoglobin) darah si kecil.
  • Mencegah iritasi, alergi, dan radang pada bayi >> Manfaat buah bit untuk bayi berikutnya adalah mencegah adanya iritasi, alergi, dan radang pada bayi. Munculnya gangguan tersebut dapat disebabkan karena adanya pengaruh kuman dan bakteri, bahkan bisa jadi bayi sudah terserang virus. Dengan kandungan antibakterial, antiseptik, dan anti-inflamasi dalam buah bit, baik itu iritasi ataupun alergi dan bahkan peradangan sekalipun bisa dicegah secara optimal. Sehingga si kecil bisa bermain lebih ceria tanpa rasa takut terkena alergi benda-benda tertentu.
  • Mampu menjaga kesehatan mata bayi >> Mata si kecil sangatlah rentan terkena radikal bebas, seperti radiasi sinar UV dan polusi udara. Banyak sekali bayi mengalami kebutaan akibat radikal bebas tersebut. sebab radikal bebas dapat mengakibatkan munculnya degenerasi makula. Untuk mencegah semua itu agar tidak terjadi pada si kecil, silahkan berikan ia konsumsi jus buah bit secara rutin. Dengan kandungan antioksidan dan beta-karoten yang cukup tinggi, jus buah tersebut baik untuk menangkal radikal bebas.
  • Meningkatkan kecerdasan otak bayi >> Inilah manfaat buah bit untuk bayi yang selalu ditunggu-tunggu oleh para ibu. Yup, konsumsi jus buah bit secara rutin akan membuat kecerdasan otak si kecil semakin meningkat.  Khasiat bit satu ini dapat muncul disebabkan karena kandungan asam folat dan protein yang cukup tinggi. kandungan inilah yang mampu mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat (otak) si kecil. Anda bisa meningkatkan kecerdasan si kecil dengan cara konsumsi buah bit sejak ia masih ada di dalam kandungan, terutama ketika memasuki trimester ketiga.
Baca juga artikel kesehatan mengenai wanita lainnya :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi"

Posting Komentar